E-Court
Video Informasi Gugatan Sederhana
Direktori Putusan Pengadilan Negeri Semarang Salinan putusan Pengadilan Negeri Semarang dapat diakses secara online di situs Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Klik Disini
Sistem Informasi Pengawasan Sistem Informasi Pengawasan adalah media online untuk melaporkan pengaduan anda terkait pelanggaran kode etik aparatur pengadilan

KUNJUNGAN DAN DISKUSI UNIV. GAKUSHUIN DAN JILA DI PN.SEMARANG

 

WhatsApp_Image_2017-09-12_at_11.32.16.jpeg

 

Bertempat di Pengadilan Negeri Semarang Kelas 1A Khusus, pada Hari SELASA, 12 September 2017 telah berlangsung kunjungan dan diskusi dari Universitas Gakushuin dan Japan Indonesia Lawyers Association(JILA).

Diawali dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Semarang (Bpk. Purwono Edi Santosa,S.H;M.H.) dalam sambutanya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan para tamu yang dipimpin oleh Prof.YOSHIRO KUSANO. pada kesempatan tsb Pimpinan Pengadila Negeri Semarang berharap agar diskusi ini berjalan dengan baik, aktif,saling tukar pengalaman dibidang penanganan Mediasi di Pengadilan Negeri Semarang dan di Jepang.

Disampaikan oleh Ketua bahwa sesuai data keberhasilan Mediasi yang ada di Pengadilan Negeri Semarang dari tahun 2010 s/d 2017 mengalami kenaikan yg signifikan dimana khusus tahun 2017 telah berhasil mendamaikan para pihak melalui mediasi sebanyak 13 perkara. Di PN Semarang ada 2 Mediator yaitu yg berasal dari Luar Pengadilan yg bersertifikat mediator dan Mediator dari dalam Pengadilan yaitu Hakim Karier PN Semarang yg berjumlah 34 orang.

Acara diskusi ini diikuti oleh seluruh Hakim Karier Pengadilan Negeri/ Niaga/Tipikor dan Hakim Ad Hoc baik Hubungan Industrial maupun Tindak Pidana Korupsi dan diikuti juga para pejabat Struktural dan Fungsional PN Semarang.  Adapun dari peserta tamu terdiri dari Univ. Gakushuin dipimpin oleh Prof. Yoshiro Kusano dan juga dari Japan Indonesia Lawyers Association serta utusan dari Mahkamah Agung RI. Sebagai catatan beberapa Hakim Mediator yg berhasil mendamaikan para pihak berperkara melalui Mediasi antara lain : Hakim Suparno, Hakim Bakri, Hakim Abd. Wahib, Hakim Edi Siswanto, Hakim Wismonoto,Hakim Esther Megaria Sitorus, dan yang lainnya.

Disampaikan juga oleh Pimpinan Pengadilan bahwa beberapa kasus gugatan yg dapat didamaikan antara lain perkara tentang Perceraian, Wanprestasi, Perbuatan melawan Hukum, Pembagian Harta Waris, Harta Bersama dan sebagainya.

 

 

 

WhatsApp_Image_2017-09-12_at_09.56.02.jpeg

 

WhatsApp_Image_2017-09-12_at_11.32.12.jpeg